" Wonten nopo mbak Dinda" tanyaku .
Rasanya aku g' perlu menggurutu karena memang seperti inilah suasana dalam kelas sehingga aku memilih duduk bareng Eko. Biasanya cara seperti ini cukup ampuh menghentikan tingkah anak2 yang usil. Tanpa amarah atau jengkel akhirnya jus amma di baca bersama2 hingga selesai.
Aku lalu maju ke depan " Kangge bacaan lan praktek sampun ngetos sedhoyo kan" ? tanyaku kepada anak2. Aku berusaha mengecek kira2 bagian pelajaran mana yang susah di hafal ato di pahami untuk di ulang sampai bisa jika tak ada masalah maka aku melanjutkan ke bab berikutnya.
" Sampun bu" jawab Wiyar.
" Saiki pelajaran tentang fardhune wudhu"
" Kapure pundi kok mboten wonten" tanya aku kepada anak.
" Kulo pendhetke yo bu"? saran Firman.
" Bagus" puji aku.
Tak lama kemudian Firman membawa 2 batang kapur tulis.
" Iki bu guru" kata Firman
" Bu " baby iku artine babi yo bu? " tanya Akbar tanpa malu2.
" Baby iku artinya sayang kang mas Akbar sing ganteng tur pinter" jawab ku.
" Lha nek babi bahasa inggrise opo bu"? tanya Pras makin penasaran.
" babi iku pig" aku menjelaskan.
" OOOOOO koyo kuwi" jawab Kholis.
" Nulise ampun kathah2 sie bu , astone kesel " protes Selvi.
" Tergantung, soyo ribut soyo kathah nulise, soyo antheng soyo sekedhik nulise"
Untuk yang satu ini emang harus di akali.
" Yo wis. mengko mboten ribut tapi nulise sekedhik lho" kata Ayu.
Fardhu wudhu
Fardhune wudhu iku 6
Niat wudhu masuh rai masuh tangan loro serto sikute karo kaping papat ngusap sirah kaping limo masuh sikile loro serto polo'e karo kaping nenem iku tertib tegese tertib urut2.
" Nyambi nulis nyambi maos jilid" perintahku.
Sambil nunggu anak2 selesai menulis aku menyuruh anak2 untuk maju membaca jilid. Jika semua anak sudah membaca jilid tinggal membahas pelajaran.
" Sampun kesel dereng ribute"? tanyaku kepada anak2.
" Sampun bu" jawab anak2 serentak.
" Pengen wangsul mangke nopo saiki"? tanyaku
" Saiki" jawab mereka dengan keras.
" Maos sholawat anwar, muhammadun basyar terus wal asri, nek wonten sing ribut beleni maning" seruku.
Lalu aku beserta anak2 membaca apa yang aku perintahkan sambil aku memberi nilai kepada tulisan mereka. Anak2 paling suka kalo di beri nilai dan bagiku sebagai apresiasi karena mereka mau belajar menulis.
" Sing jenenge tak timbali mangke maju" seruku.
" Wallahul muwafik ila ak wamittho rik assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh."
" Waalaikum salam warohmatullahi wabarokatuh"
Semua buku udah aku berikan n anak2 bisa tertib keluar ruangan.
Waktu sudah sore aku melangkah ke luar madrasah untuk pulang.